Kentingan Dimataku

03Nov07

Jangan marah, sebelumnya saya minta maaf. Mungkin jika ada dari semua sodara sekalian yang nantinya kurang enak hatinya setelah membaca tulisan ini. Ini hanya perasaan yang ada di hati saya selaku anggota kentingan, tentang blog bersama yang sama-sama kita miliki. Saya mencintai blog ini sebagai mana anda juga mencintainya, tapi banyak hal yang saya rasakan kurang maksimal. Anggap saja posting saya ini adalah sebuah evaluasi pribadi dari saya atas berdirinya blog ini, anda semua selaku anggota pastinya juga punya pandangan dan uneg-uneg khan.

Langsung ke topik. Terus terang selama ini memperhatikan perkembangan blog ini saya jadi ragu sendiri akan kelangsungannya. Karena jika kita perhatikan, blog kita ini dari dulu hingga saat ini sebenarnya hampir 80 % isinya tak lebih dari penggalangan anggota. Tempat untuk menambah jumlah anggota. Tapi di lain sisi karena banyaknya anggota yang ingin di daftarkan *bukan maksud saya melarang anda yang belum terdaftar untuk ikut* blog ini jadi kehilangan arah. Tak jelas sebenarnya misi apa yang akan ia bawa. Apakah banyak blog komunitas/web forum yang lain itu cuma membahas yang sama, tentang ‘kapan kita kopdar’, ‘saya daftar juga ya’ atau apalah kata lainnya lagi.

Kalau cuma seperti itu lantas bisa apa kita dengan blog ini, apa kontribusi kita untuk kota Solo yang namanya kita bawa-bawa sejak dari awal berdirinya blog ini 😕 Apa tidak terlalu keberatan bagi blog ini jika harus membawa nama Solo namun ia sama sekali tak berguna bagi kota Solo.

Mungkin, sebenarnya kesalahan tidak hanya terletak pada salah seorang atau beberapa orang yang ada di balik blog ini, kesalahan ada pada kita semua. Kenapa kita tak membuat rencana dan program kerja yang paling tidak berupa cetak biru dari arah kita lah. Yang bisa menjadi pegangan bagi blog ini untuk melangkah. Sehingga kita bisa sedikit lebih siap untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang ada. Tidak seperti sekarang, kita malah kebingungan untuk mengatur dan mengatur hari ketemuan kita. Yang mana pada hari pertemuan itu kita juga tak tahu mau berbuat apa.

Itu kesalahan pertama kita, di mata saya masih ada hal lain yang tak kalah berbahaya bagi kelangsungan blog ini. Yang akan ada kemungkinan bagi para anggotanya untuk merasa jengah dan enggan untuk berkunjung ke blognya sendiri. Kita terlalu ingin untuk mengemas blogger di seantero Solo Raya dalam blog ini, namun di lain sisi apa yang menjadi senjata blog ini, kontent-nya justru ternomor sekiankan entah dimana. Kita tidak melihat blog-blog bersama/web forum yang telah bertumbuh besar, langkah apa yang mereka ambil untuk menambah jumlah anggota ? Tentunya bukan dengan menawarkan nama blog semata di sana-sini dengan tanpa membuat simpati kepada orang yang kita tawari melalui posting yang berkwalitas khan *maaf sebenarnya kalo boleh jujur, saya sendiri juga bukan orang yang bisa menulis dengan kwalitas yang baik* . Kita harusnya belajar dari hal itu, mari, sekuat pikiran dan tenaga kita, kita buat isi blog ini menarik terlebih dahulu. Jika isinya baik, biarlah orang lain yang menilainya, biar lantas mereka jika juga orang Solo mau ikut dengan sendirinya. Bukankah jika untuk sementara anggota kita sedikit justru lebih mudah diajak untuk rembugan. Untuk memecahkan persoalan bersama kita.

Yah, saya rasa cukup itu saja yang saya sampaikan saat ini, jujur, selama ini saya kecewa dengan apa yang ada di blog ini. Tapi bukan berarti saya merasa lebih baik dengan mas kurnia dan mas nDaru yang selama ini porsinya dalam mengurus blog ini lebih besar dari saya. Biarlah apa yang telah ada saat ini tetap begini, yang perlu kita tingkatkanhanya semangat kita dalam mengurus dan merawat blog ini. Mari bersama-sama kita rawat dan kita buat blog ini indah dimata dunia.

SOK GALAK MODE OFF

Eh, katannya ada usulan untuk ganti nama ya. Nggak pa-pa ayo, kalau dirasa akan membuat kita lebih baik, langsung saja ganti domainnya. Walau sama-sama masih dengan ekstensi di belakangnya. Tidak langsung .com .org ataupun yang lainnya. Nambah lagi nih, tuh yang bilang bannernya tulisannya kurang tebel (kalo nggak salah mas dibo ya), ada oleh-oleh banner dari sragen. 🙂 Bisa segera dinikmati 😛

ditulis oleh anas

Iklan


25 Responses to “Kentingan Dimataku”

  1. 1 tukanggalisumur

    hehehe…
    Sebenere ni juga yg lagi tak pikir, blog ini mau dijalankan kemana? Kok selama ini belum jelas jluntrungannya. Saya tidak menemukan nilai plus dari bloggos, yang saya rasakan kok malah seperti pengumpulan link2 blog se-Solo.
    Klu boleh jujur, kita ini memang seharusnya bertemu untuk membahas permasalah2 ini, bukan sekedar untuk kopdar. Piye sodara2? Ada tanggapan?

  2. 1. emg blogos dibentuk tujuannya buat apa to mas?
    2. kenapa ada blogos?
    3. apa bedanya dulu ketika blogos blm ada, dan sekarang pas udah ada?
    4. apa aja aktivitas-nya nanti? ngumpul2 aja? ngobrol, trus udah gitu?
    5. weh… aku ikut bingung jadinya T_T

    opo gawe kelas boso jepang podo aku, wakakakak….
    http://tadotsugakuen.blogspot.com
    http://yohanpuri.blogspot.com

    promosi promosi.. hehe

  3. awalnya sih kami (saya, mas kurnia sama Presti ) waktu buat blog ini juga belum punya deal yang jelas tentang visi misi blog ini. Dulu intinya buat komunitas bagi blogger di Solo dan sekitarnya. Itu saja persamaan tujuan awal yang ada.
    Tentang format dan gimana jalannya blog ini kami tak membahas. Jadinya ya seperti ini, kita tak punya arah dan tujuan yang jelas. Mau maju, depan mana, belakang mana kita semua nggak tahu 😦

    Kalau saya pribadi sih angan-angannya blog ini diisi dengan berbagai hal yang terjadi di sekitar Solo. Tentang berbagai event yang akan diadakan misalnya, ditambah dengan berbagai informasi wisata sekitar Solo. Khan asyik tuh. Tambah lagi kalau nanti eksistensi kita sudah benear-benar kuat kita bisa turut memajukan solo dengan menggunakan blog sebagai wahana saran kritik yang independen bagi pemerintah dan sebagai tempat dahwah *bisa khan* bagi masyarakatnya.

  4. 4 kurus

    Jgn mengeluh,kalo menyesal bolehlah.
    namanya juga proses, perlu suatu perencanaan yang matang sebelumnya.
    sama seperti yg diatas aku kepengen blog ini ada unsur budaya walaupun sedikit dulu. Kita hubungi event anak2 muda yang masih suka dengan budaya baik itu yang masih belajar atau pun sudah bekerja. misal putra putri solo, dari mereka berkembang untuk event2 di tempat yg pernah mereka kunjungi misal pagelaran budaya di pura mangkunegaran (tari, barang2 museum, foto, dll) yg diadakan setiap hari tertentu, juga seni di ISI. Untuk tokoh budaya juga perlu ditampilkan profilnya kalau boleh diijinkan sih. Kalau punya tekad minta ijin dinas pariwisata untuk memberitahu kalau ada event2 tertentu via apa saja deh, dekat sana kan ada tbs sriwedari, kita tonjolkan sisi positifnya misal pertunjukan wayang orang. Eh ada bule yg nonton jg lho di sana, nah kalo ada yg pinter bhs inggris atau belanda ajak mereka mau mengunjungi blog solovers ini, kalo mereka punya web khusus juga terutama budaya bisa tukeran info tntg budaya di sana deh.
    kalo berhubungan dengan pemerintahan kota slo, ak sendiri masih jenuh. “ada duit mereka baru jalan” “senyum pada awal bulan saja, pertengahan bulan sampe akhir bulan adanya mbesengut , suntrut, muka lecek”

  5. budaya ya? dulu saia sempat “kerja” bareng mas heru mataya beberapa kali. orang2 mataya keren lho ^O^

  6. MAs minta baner tebel leh ya…
    skalian promosi asli solo..lokasi cirebon.. He he..
    Bloger Solo Maju…? ayo, allez, gehen Sie, gaat !!!!

  7. ikutan dunk gabung dengan blog ini, tujuan di buatnya apa dulu, yang jelas dunk, biar bisa memplaning mau buat tulisan apa di sini, tapi aku seneng aja sih, mau gabung di sini, ada komunitas baru nih, mau dunk

  8. Menurut kulo, tujuan komunitas / paguyuban niku kagem “silahturahmi / Haguyub Mabagyo / ngumpulke balung pecah”. Nek sedoyo sampun ngempal, nembe dirembuk bab totocoro lan totokromo. Sederengipun monggo nyuwun konsultasi / ndhelok blog saking komunitas lio bentuk lan isine pripun. Bade diisi model CMS (Content Management System), PHPBB2 (forum), atawa Agregator niku njeh tergantung saking rerembugkan mau.

    Sedoyo sampun gadah kesibukan piyambak² lan sampun gadah blog piyambak², dadosipun njeh maklum kemawon menawi katah sing boten aktif ngisi blog komunitas.

    Tiang jawi kudu ndisik’aken kejawenipun, mbok menawi wonten sing boten pas njeh monggo dirembug ingkang sae ampun sami kekerengan.

    Semugo Gusti Moho Agung maringi kesabaran lan dalan ngatasipun bab masalah meniko. -Aamiinn-

    .::he509x™::.

  9. Saya dari awal juga bingung mau dibawa kemana arah blog ini. Mungkin niatnya udah bagus biar bisa ngumpul sesama penggemar webblog yang sedang menjamur ini.
    baiknya mungkin kopdar dulu meski para membernya sangat heterogen polapikir dan backgroundnya…
    mungkin satu hal dulu yang dibahas..
    komunitas ini mau dibikin komunitas umum seperti http://www.blogfam.com dalam konteks daerah solo atau lebih spesific penggemar IT, agama tertentu, kalangan tertentu..misal mahasiswa, ibu rumah tangga etc….

  10. Gimana dengan usul nama dari saya dulu, BENGAWAN.
    Yang paling penting jadi ajang kumpul2nya blogger asal Solo aja, komunitas atau apalah, dan di situ kita bisa ngomongin hal2 dalam konteks yang lebih luas.
    Ayo, jangan patah arang dong!

  11. hmmm ,,,,
    hmmmm ,,,
    hmmmmm ,,,

    lebih baik kita semua disini merumuskan bersama. apa tujuan blog ini ?
    sudah ada bebrapa usulan di atas. Bagus juga,
    mempromosikan solo sebagai kota pariwisata …
    ada mba puspa yang jago basa londo, coba dibuat tulisan2 versi londo.
    atau ada mas maNongan yang jago kromo inggil-nya, coba juga dibuat tulisan versi2 jawi.

    blog ini bisa menjadi :
    – Tourists Information Center – (Informasi yg ditujukan bagi para turis luar negeri solo)
    – Solo Watch – (melihat kota solo dari sudut pandang seorang komentator – kritikus )

    Mungkin itu dulu aja … ^_^

  12. wagh wagh,,, dah lama gak on ternyata lagi rame soal evaluasi yagh
    kek mubes aja negh 🙂

    sebenere kita mang perlu belajar dari regional-regional lain yang udah duluan jadi dan tetep exist sampe sekarang. soal kopdar.. beberapa kali juga udah kita usahakan, cuman lum jadi aja. emang segh baiknya kita kumpul dulu biar bisa plong bahasnya. gak setengah-setenngah terus. sekalian dibuat ntar program buat meramaikan komunitas ini.

    Yagh… bisa kek yang di usulkan mas tyo di atas. Ato kita bisa bareng-bareng buat aksi nyata di solo. Baksos, pemberian beasiswa, penyampain aspirasi ato kegiatan positif lainnya…

    Yagh… bisa kek yang di usulkan mas tyo di atas

  13. kesimpulannya…kapan kopdar solo blogger?

  14. kok berenti? hayo dilanjut ngisi blognya …….

    .::he509x™::.

  15. iya nih, aq juga bingung sebenarnya ma komunitas bloggos.
    kayaknya komunitas ini kurang rame. padahal kenyataannya, blogger solo tuh banyak bgt. lum ngumpul jadi satu kali yak?
    ayo semua blogger solo, tunjukin donk hidung kalian semua, jangan cuma sendiri².
    ramein komunitas ini yukz . . .

  16. 16 reo

    Undangan for The Spirit of Java ….:

    GORO-GORO ART PROJECT # 01

    TAMAN BUDAYA JAWA TENGAH
    29 October – 3 November 2008

    AGENDA PAMERAN SENI VISUAL:
    – MURAL
    – PERFORMANCE ART
    – MUSIC & POEMS PERFORM
    – PAMERAN SENI VISUAL & INSTALASI
    – DISKUSI PUBLIK : Urban Arts In Solo – S.Y.A.F (Solo Young Artist Forum)
    – Workshop : Grafis Linocut (basic) – Ceramics Contemporer
    – Layar Tanjep : Clayanimation langka (U.S+U.K) – Video Dokumenter Vespa (Italy) – by request
    – Ngomik Bareng 10 Jam

    Note : Event dalam Event per day | Free Workshop, diskusi & exclusive merchandise
    Solo Raya – Jogja – Semarang & Umum
    komunitas seni da’bantingsetir Solo
    P.O.Box 323 Solo 57132
    Fax : 0271-733789 (Hunting)
    Infos : 081.329.2222.50

  17. Saya blogger solo juga. Tapi belum terdaftar di Bloggos. Setelah liat comment teman2 diatas, saya jadi sungkan untuk daftar. Kalau dipikir2 memang betul wacananya mas anas. Tanpa visi dan misi yang jelas dari blog ini, ujung2nya tinggal tukeran link hanya untuk menaikkan pagerank atau apalah sejenisnya. Memang susah untuk mempertemukan banyak orang dengan pemikiran yang berbeda-beda. Bila dipaksakan ke satu pemikiran, nanti yang lain menganggap “mempolitisasi” Bloggos, dsb. Ya memang langkah amannya baru sebatas copdar seperti itu. Apa mau dibuat majelis taklim blogger solo? Kalau ya, bisa saya bantu carikan ustadznya. 🙂

  18. It’s awesome in support of me to have a site, which is good for my know-how. thanks admin

  19. Nice post. I learn something new and challenging on blogs I stumbleupon every day.
    It’s always useful to read content from other authors and use a little something from other websites.


  1. 1 Bagaimana berkontribusi? « Solo “The Spirit of Java”
  2. 2 baby safety gates
  3. 3 wide baby gates
  4. 4 http://www.bjcssc.com/comment/html/index.php?page=1&id=48530
  5. 5 8 foot baby gate with door
  6. 6 bottom stair baby gate

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: