Blogger Solo… Loe Harus Grak!!!

20Sep08

Segala sesuatu memang kalo tidak diseriusi memang bakal jadi “panas-panas tahi ayam saja”. Semangat di awal, setelah itu hilang ditelan masa. Begitu juga yang sekarang terjadi di Komunitas Blogger Solo ini. Jika ditilik dari arsip blog ini, sebenarnya Blog ini sudah berjalan 1 tahun lebih. *eh gak ada ulang tahun blog ini ya kemaren*. Dimulai dari Agustus 2007 tahun kemaren blog ini mulai diprakarsai oleh beberapa Blogger Solo, seperti mas Anas/Kamty dan Mas Kurnia yang kemudian disusul oleh blogger-blogger lain seperti mbak Presty, mas Andaru, mbak Puspa, mbak Amin, Mas Fahma, Mas Yohanpuri dst. Beberapa posting mengenai liputan kota Solo pun sempat muncul di blog ini. Sayang setelah itu tidak muncul konten-konten yang bercerita soal Solo setelahnya. Perjalanan Komunitas ini kemudian hanya berorientasi kepada mengumpulkan blogger Solo saja. Mungkin, selama ini kita hanya menjadikan “blog ini” sebagai terminal “sak enek’e” buat temen-temen Blogger Solo. Biar dibilang “Solo juga punya komunitas blog” logh… Semoga tidak!

Beberapa pembahasan mengenai kopdar (kopi darat), nama blog, pembelian domain sampe pembuatan milis pun sempat muncul dibeberapa postingan. Lagi-lagi karena tidak ada yang fokus. Semua jadi “panas-panas tahi ayam”. Hem… maaf, kok saya lagi merasa banyak aktifitas yang kita lakukan setipe dengan moto ini. Semangat di depan, nglokro di belakang. OK bro and sis. Saatnya kita fokus! Jangan sia-siakan Komunitas yang sudah dibuat dan jalan selama satu tahun ini. Masak iya kalah dengan komunitas blogger lain. Bukan untuk maksud berkompetisi, tapi lebih kepada aksi nyata kita sebagai blogger untuk memberikan kontribusi kita ke dunia REAL, dunia Solo dan sekitarnya.

Awal minggu ini, saya dan beberapa temen blogger Solo melakukan kopdar untuk kedua kalinya. Kali ini pas masa ramadhan. Sesuai pesan mas arief untuk sedikit memikirkan kembali komunitas ini, akhirnya segelintir blogger itupun “sedikit dipaksa” untuk membicarakan nasib komunitas ini. Mbak presty juga lagi semangat-semangatnya pingin membuat komunitas ini jadi ada, buat kegiatan dan do something real. Not just in the Bloghospere, but also in real world. Just like other blog community. Making some gathering, some social action or do some workshop about blog. Kita belum pernah kan melakukan aksi seperti itu. Saat solo banjir kemaren. Upaya apa yang sudah ita berikan untuk kota Solo. Apa hanya berputar-putar melakukan reportase, berkunjung ke beberapa titik banjir atau malah tetap sibuk dengan kesibukan kita di keseharian. Bukan paksaan, tapi hanya mempertanyakan kepedulian kita. Banyak event-event di Solo sebenarnya bisa lebih kita espos jika kita -para blogger, punya visi untuk memajukan kota Solo melalui blog. Melalui media yang selama ini kita manfaatkan untuk mengaktualisasikan diri. Am I right?

“Jangan terlalu panjang mas!” ehm… pesen si empunya hati.

Selanjutnya, adalah PR kita bersama mau kemana Komunitas ini. HARUS ADA YANG MEMULAI. Jika hanya duduk diam, Komunitas ini tetap tidak akan menemukan jati dirinya. Lagi-lagi hanya akan menjadi komunitas “panas-panas tahi ayam“. Mari bersama kita membangun dan memajukan komunitas ini dengan aksi. Beberapa topik yang perlu menjadi pembahasan kita sudah coba saya rekap di bawah ini. Semoga ini bisa sedikit membantu Komunitas ini menemukan jalannya untuk BERAKSI! Buat mbak puspa, terima kasih ya sudah menjadi notulen dalam rapat kemaren. Buat yang lain… di tunggu sumbangsihnya.

[1]. Komunitas ini dinilai ekslusif untuk Blogger UNS?
Banyak yang merasa seperti hal ini. Selain karena mayoritas blogger di awal pendirian komunitas ini ya temen-temen Blogger UNS, juga karena penamaan blog ini yang mengambil kata “kentingan”. Terlalu identik dengan UNS, Universitas Sebelas Maret.

[2]. Apa perlu ganti nama?
Agaknya… HARUS. Harus bisa mewakili blogger Solo secara keseluruhan. Bukan lebih mengedepankan satu institusi ataupun kelompok. Kita warga Solo bersatu untuk mewujudkan “Solo berseri tanpa korupsi” -tahun ini. Halah, ra penting! Sempat muncul beberapa ide. Seperti nasiliwet, nasihik, bengawan, blogos dll. Tapi tidak ada keputusan yang diambil. Gimana kalo blogos saja? Atau ada ide lain?

[3]. Mau kemana to komunitas ini, apa visinya. Kok ndak jelas?
Apa iya cuman absen “doank”, apa iya yang hanya bergantung pada segelintir orang saja. Ndak kan? Tetap harus ada satu jalan yang kita buat. Sehingga semua orang bisa ikut berjalan di jalan yang sama. Berjalan, berlari, bersepeda atau bahkan balapan menggunakan mobil yang kita punya. Sama juga di blog ini, baiknya semua anggota bisa mengekspresikan dirinya. Memberikan opininya tentang kebijakan di Solo, memberikan reportase kegiatan yang ada di Solo, yang komunitas ini lakukan atau memberikan cerita tentang pengalamannya di kota solo. Seperti yang dilakukan jenk dhetea ini yang saat ini manggung di kota malang. So, kita butuh sebuah visi yang sama. Mau kemana blogger ini dibawa. Kita butuh target agar lebih terarah. Seperti layaknya teman-teman semua yang punya Cita-cita yang ingin dikejar dalam hidup ini. Do something real! Loe Harus Grak! Pertanyaane, siapa yang kudu mikir soal ini semua? Saya, anda atau mreka? Tidak usah saling tunjuk. Budaya itu pada akhirnya hanya akan meng-KAMBING HITAM-kan beberapa orang. Usul saja dari saya : Komunitas blogger Solo menjadi wadah para blogger Solo untuk berkumpul, saling bertukar informasi dan berkarya di jagad [ini wajib]. Selain itu juga mengadakan beberapa kegiatan nyata yang didedikasikan untuk warga Solo khususnya, bisa berupa reportase, promo tentang solo, kegiatan sosial, pelatihan, workshop atau yang lainnya. Mari bersilahturahmi 🙂

[4]. Apa aksi selanjutnya?
jangan cuman diam panas-panas tahi ayam! Tanggal 18 bulan depan, Oktober. Kita pengen mengadakan gathering bareng blogger solo. Semuanya kita undang. Insya Allah bertempat di mahahan *jika tidak berubah*. Buat yang mau bantu-bantu ngurus acaranya. Silahkan langsung di diskusikan di sini, atau mau lebih bagus di milis. OK… Loe harus grak!

Cukup untuk hari ini. Tulisan di atas bukan bermaksud menyinggung saya sendiri yang ikut los pokus mengurus blog ini juga temen-temen blog sekalian. Hanya sekedar do something real!

pesan :
buat yang belum punya akses contributor di blog ini, bisa segera kontak saya atau mas kamty. Saatnya temen-temen juga melakukan kontribusi.

kurnia

Iklan


5 Responses to “Blogger Solo… Loe Harus Grak!!!”

  1. Saya salut dengan usaha blogger untuk mengekspose kota solo, saya sendiri bukan seorang blogger yang pinter nulis untuk mengangkat tema tertentu.
    Saya hanya tukang poto keliling yang bisa jeprad-jepred, maka saya punya cara sendiri melalui photoblog untuk menyampaikan aspirasi saya. Semoga cara saya ini menjadi masukan juga buat blogger kota Solo.
    Kalau berkenan silahkan mengunjungi photoblog saya:
    http://sugeng.jogjaphoto.net
    dan juga komunitas photoblogger kota jogja di:
    http://jogjaphoto.net

  2. Lebih bagus kalo web komunitas blogger Solo itu dibuatin aggregator saja seperti CahAndong (Blogger Jogja) atau Batagor (Blogger Bandung). Jadi kontribusinya lewat feed blog masing-masing.

    Dengan adanya aggregator itu bentuk “kontribusi” bisa lewat blog masing-masing.
    Kalo dari yang saya lihat di sini, di sini cuma sebatas ‘daftar link’ saja, jadi kurang mampu menyatukan blogger yang jadi anggotanya.

    Kalo diminta kontribusi dengan posting di sini tentu saja susah…
    Karena saat ini kita belum disatukan.
    Biasanya sih aggregator dulu, baru kontribusi. 😉

    iya mas… susah negh… beberapa kali naik turun terus semangat buat terus ngidupin blogger solo. coba nanti saya usahakan mas…

  3. Setuju dengan mas Wirawan!

  4. lebih baik membuat kpomunitas tersendiri deh, tidak dalam bentuk blog, namun dalam bentuk web, jadi ada forum di dalamnya gitu, karena kalau blog kurang bisa mengkau dengan baik, apalagi kan kita bisa bertukar pikrian banyak kalau ada forum diskusi di dalamnya kok jadi kelihatan berat ya? hehehehe, itu saja saran dari saya
    btw, ini yang nulis kurnia anak d3 komputer ya? pie kurnia, masih jaga warnet ya, kok bisa2nya punya feeling kayak gini


  1. 1 Blogos - Blogger Solo » Blog Archive » Aggregator Sudah Siap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: